Belajar Bersama di Museum Kambang Putih Tingkat Mahasiswa

Belajar Bersama di Museum Kambang Putih Tingkat Mahasiswa

Kegiatan Belajar Bersama dengan Bapak Dr. Mardi Widodo, M.Pd. di Museum Kambang Putih Tuban

Kegiatan belajar bersama yang diikuti oleh perwakilan dari Mahasiswa Prodi Matematika Unirow di Museum Kambang Putih Tuban yang secara rutin diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban bertujuan untuk menanamkan pentingnya sejarah Kota Tuban pada Generasi Muda saat ini agar menumbuhkan kesadaran sejarah bangsa Indonesia dalam konteks pendidikan multikultural berbasis Bhinneka Tunggal Ika. 

Selama kegiatan belajar di Museum Kambang Putih yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 September 2020 bersama dengan pemateri Bapak  Dr. Mardi Widodo, M.Pd diberikan pengetahuan dan wawasan mengenai Hakikat Sejarah, Definisi Sejarah, Penjelasan tentang Kesadaran atas Manusia waktu dan Ruang, Kesadaran tentang Sejarah, Urgensi Kesadaran Sejarah, Penguatan Kesadaran Sejarah  Bangsa Indonesia berupa Kesadaran akan masyarakat, berupa faktor Internal dan Eksternal, serta manfaat dari Penguatan Kesadaran Sejarah Bangsa Indonesia. Tidak hanya materi yang berkaitan dengan pendidikan, permasalahan internal maupun eksternal yang terjadi pada pendidikan saat ini juga disampaikan.  Kemudian dijelaskan mengenai membangun pendidikan multikultural, ideologi multikultural, dan tujuan dari pendidikan multikultural itu sendiri.

Dari kegiatan belajar bersama yang dihadiri oleh kurang lebih 50 mahasiswa dari Unirow, salah satu mahasiswa perwakilan dari Prodi Matematika mengatakan bahwa "Menumbuhkan kesadaran sejarah bangsa dalam konteks pendidikan multikultural berbasis Bhineka Tunggal Ika terutama di era industri 4.0 yang sekarang kita lalui ini sangat penting, kalian semua harus tetap Jas Merah, jangan sekali-kali meninggalkan sejarah atau Never leave History" ujar Antok panggilan akrabnya.

Semoga kegiatan rutin ini terus diselenggarakan oleh pihak Museum Kambang Putih dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban walaupun masih dalam pandemi covid-19. 

Stay healthy and stay Positive

Dipost Oleh himatika

himatika

Post Terkait

Tinggalkan Komentar